Rabu, 11 Maret 2009

Tim Akademisi Berperan Tingkatkan Mutu Pendidikan

Tim Akademisi memiliki peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan nonformal, apalagi masyarakat sangat membutuhkan kepercayaan dan kepastian tentang mutu Pendidikan Non-Formal ini.
Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengatakan di dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pendidikan nonformal dinyatakan setara dengan pendidikan formal dan melalui pendampingan serta bimbingan para akademisi ini hal tersebut dapat diwujudkan.
“Saya sangat memberikan apresiasi kepada tim akademisi yang mengikuti forum ilmiah, terlebih dahulu saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan saudara-saudara menjadi Tim Akademisi di pendidikan nonformal,” ujarnya pada acara Jambore Nasional 1.000 Pendidik Tenaga Kependidikan–Pendidikan Non Formal (PTK PNF) di Teater Tanah Air Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Selasa (14/8).
Dia menilai tim akademisi telah memberikan pendampingan, pemberdayaan, dan peningkatan kompetensi dan profesionalitas dari pendidik dan tenaga kependidikan di berbagai lembaga PNF. Seperti, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) maupun Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda (BP-PLSP).
Kemitraan dan pendampingan tersebut, ujarnya, di samping mempertegas fungsi Tridharma Perguruan Tinggi, juga merupakan upaya konkret untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia pada Pendidikan Non-Formal.
Menurutnya, kegiatan Jambore Nasional bagi PTK di jalur Pendidikan Non-Formal yang baru pertama kali diadakan ini merupakan momentum yang dapat dijadikan sumber motivasi bagi para Pendidik Tenaga Kependidikan–Pendidikan Non-Formal untuk lebih meningkatkan kinerja, memupuk wawasan, dan memperoleh umpan balik guna peningkatan mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di jalur Pendidikan Non-Formal. “Hal ini menuntut, agar setiap penyelenggara program Pendidikan Non-Formal di lapangan aktif dalam mengembangkan dan melayani kebutuhan masyarakat,” lanjutnya.
Penyelenggaraan Jambore Nasional Pendidik dan Tenaga Kependidikan di jalur Pendidikan Non-Formal ini sejalan dengan semangat dan Visi Departemen Pendidikan Nasional dalam upaya menciptakan insan Indonesia yang Cerdas Komprehensif dan Kompetitif melalui Olah Hati, Olah Rasa, Olah Pikir dan Olah Raga, yang penjabarannya sangat jelas di dalam berbagai aktifitas selama Jambore ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar