Rabu, 11 Maret 2009

Pendidikan Non-Formal Makin Diminati

Pendidikan non formal (PNF) makin diminati karena programnya semakin menglobal. Terus berkembangnya berbagai lembaga pelatihan profesional non formal, secara bertahap bisa mengimbangi pendidikan formal.

Dirjen Pendidikan Non Formal dan Informal Departemen Pendidikan Nasional, Ace Suryadi pada pameran lembaga kursus dan kelembagaan tingkat Jawa Timur "Eduvaganza 2007" di Surabaya, Sabtu (21/7). Pameran yang digelar di sebuah pusat perbelanjaan itu diikuti 50 lembaga kursus pra profesi (KPP).

"Ilmu yang diperoleh di sekolah formal, relatif kecil dibanding dengan pengetahuan mengikuti kursus. Sebab melali kursus peserta benar-benar disiapkan untuk menjadi profesional," kata Ace.

Pada pameran tersebut KPP yang dikembangkan oleh Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia_Jatim, memperkenalkan berbagai kursus untuk persiapan calon TKI.

"Berbagai kursus keterampilan bagi calon TKI seperti bahasa Inggris, Mandarin, Korea dan Arab serta keterampilan khusus bagi pembantu rumah tangga dilakukan pada satu tempat," kata Wellem Elimkusuma, seorang pengelola KPP untuk calon TKI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar