Rabu, 11 Maret 2009

Kualitas Pendidikan Dasar: Pandangan Para Penyelenggara Dan Konsumen Pendidikan di DKI Jakarta

Kualitas pendidikan kita masih rendah tetapi upaya yang telah dilakukan belum juga mencapai kualitas yang diharapkan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perlu ada nya standar kualitas pendidikan yang dipahami secara bersama oleh stakeholder. Penelitian ini mencoba untuk menggali pandangan stakeholder tentang kualitas pendidikan dasar, upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas, kendala yang dihadapi dan harapan untuk pendidikan dasar berkualitas. Metode yang dilakukan dengan memilih 6 sekolah dari daerah terkaya, sedang dan termiskin di Jakarta Selatan dan Jakarta Utara. Teknik pengumpulan data, FGD dengan para kepala sekolah, pengawas, guru dan orang tua murid. Wawancara mendalam dilakukan kepada pakar dan aktivis pendidikan.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa semua stakeholder sepakat bahwa kualitas pendidikan dasar masih perlu ditingkatkan. Kualitas itu sendiri dapat dilihat dari outputnya yaitu peserta didik yang mampu mengembangkan pikiran, kreatifitasnya, dan kemandirian sebagai dasar untuk memasuki jejang pendidikan dan kehidupan lebih lanjut. Sehingga SD yang dianggap bermutu adalah jika proses pendidikan yang dilaksanakan, fasiltas yang tersedia, dan guru yang menjadi pelaksananya mampu menghasilkan lulusan seperti yang diharapkan. Kenyataannya semua stakeholder sependapat bahwa kualitas guru masih kurang. Indikator lain tentang SD bermutu adalah SD yang mampu membangun kerjasama dengan orang tua murid. Namun dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan itu masing-masing pihak melakukan upaya yang tidak terkoordinasi searah dengan tujuan bersama yang ingin dicapai sehingga kualitas pendidikan dasar dianggap masih belum tercapai. Kendala yang dihadapi para stakeholder terutama karena kebijakan yang bersifat parsial yang hanya menyentuh aspek tertentu saja, selain itu kebijakan yang terlalu sering berganti sebelum sempat dilaksanakan secara tuntas oleh para stakeholder di lapangan. Berbagai harapan terungkap dalam penelitian ini, yang semua bermuara agar kualitas pendidikan dasar dapat ditingkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar